Software Requirements Specification
for
SPMB (Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru)
Version 1.0
approved
Prepared by
Nova Istiqomah 20312064
Silvia Ranti 20312073
Dea An NisaFitri 20311071
IF BDx
Table of Contents........................................................................................................................... ii
Revision
History............................................................................................................................. ii
1. Introduction.............................................................................................................................. 1
1.1 Purpose................................................................................................................................. 1
1.2 Document Conventions........................................................................................................ 1
1.4 Product Scope....................................................................................................................... 1
1.5 References............................................................................................................................ 1
2. Overall Description.................................................................................................................. 2
2.1 Product Perspective.............................................................................................................. 2
2.2 Product Functions................................................................................................................. 2
2.3 User Classes and Characteristics........................................................................................... 2
2.4 Operating Environment......................................................................................................... 2
2.5 Design and Implementation Constraints................................................................................ 3
3. External Interface Requirements........................................................................................... 4
3.1 User Interfaces..................................................................................................................... 4
3.2 Hardware Interfaces............................................................................................................. 4
3.3 Software Interfaces............................................................................................................... 4
3.4 Communications Interfaces.................................................................................................. 7
4. System Features....................................................................................................................... 8
4.1 System Feature 1.................................................................................................................. 8
5. Other Nonfunctional Requirements....................................................................................... 8
5.1 Performance Requirements................................................................................................... 8
5.2 Safety Requirements............................................................................................................. 8
5.3 Security Requirements.......................................................................................................... 8
6. Other Requirements................................................................................................................ 9
6.1 Database............................................................................................................................... 9
6.2 Operation.............................................................................................................................. 9
6.3 Place Adjustments................................................................................................................ 9
1.
Introduction
1.1
Purpose
Tujuan
penulisan ini adalah menerangkan tentang pengembangan sistem PMB dimana calon Mahasiswa
Baru bisa mendaftar via website dan melakukan ujian seleksi, kemudian akan
muncul hasil penilaian dimana Mahasiswa Baru akan ditempatkan ke program studi
sesuai hasil seleksi yang ada, dan didalamnya juga merancang desain basis data,
serta desain UML dari sistem tersebut. Sistem ini diharapkan dapat digunakan
oleh Universitas Teknokrat Indonesia.
1.2
Document
Conventions
Dalam rancangan
ini, penulis akan membuat sistem layanan
dalam lingkup yang dibatasi sebagai gambaran yang dapat mewakili sistem yang
lebih luas. Kegunaan dari sistem PMB dengan teknologi via website ini adalah
untuk menangani proses pendaftaran calon Mahasiswa Baru dan sekaligus menangani
proses ujian seleksi secara online. Selain kegunaan utama dari sistem tersebut,
disediakan pula informasi hasil ujian seleksi sekaligus penempatan prodi dimana
disesuaikan dengan hasil ujiannya dan terdapat informasi seputar kampus
Universitas Teknokrat Indonesia. Setelah mengetahui gambaran umum dari sistem,
maka dapat ditentukan kebutuhan dalam
perancangan sistem. Pertama harus diketahui Analisis Modeling UML
(Unified Modelling Language) dari sistem tersebut, kemudian diagram entitas
dari sistem dan terakhir diagram basis data.
1.3
Product
Scope
Dalam rancangan
ini penulis akan membuat sistem layanan dalam lingkup yang dibatasi sebagai
gambaran yang dapat mewakili sistem yang lebih luas. Perancangan ini akan
membahas cara pengembangan sistem aplikasi online dengan menggunakan teknologi
WEBSITE yaitu “Sistem PMB via WEBSITE” yang berguna untuk melakukan pendaftaran
dan ujian seleksi via website secara online menggunakan fasilitas komputer/PC
dan mobilephone. Sasaran dari penggunaan sistem ini adalah untuk meningkatkan
efisiensi dari waktu para dosen atau panitia dan calon Mahasiswa Baru itu
sendiri. Selain untuk melakukan pendaftaran dan ujian seleksi sistem ini juga
dapat digunakan untuk mellihat hasil seleksi dan melihat informasi seputar
kampus Universitas Teknokrat Indonesia.
1.4
References
84226392-GL02-SKPL
2.
Overall
Description
2.1
Product
Perspective
Kegunaan dari
sistem PMB dengan teknologi via website ini adalah untuk menangani proses
pendaftaran calon Mahasiswa Baru dan sekaligus menangani proses ujian seleksi
secara online. Selain kegunaan utama dari sistem tersebut, disediakan pula
informasi hasil ujian seleksi sekaligus penempatan prodi dimana disesuaikan
dengan hasil ujiannya dan terdapat informasi seputar kampus Universitas
Teknokrat Indonesia. Setelah mengetahui gambaran umum dari sistem, maka dapat
ditentukan kebutuhan dalam perancangan sistem. Pertama harus diketahui diagram
konteks dari sistem tersebut, UML (Unified Modelling Language) dari sistem,
kemudian diagram entitas dari sistem dan terakhir diagram basis data.
2.2
Product
Functions
Dengan adanya
sistem PMB dengan teknologi WEBSITE ini, dapat melayani PMB secara online
tentulah akan sangat bermanfaat bagi calon Mahasiswa Baru yang bertempat
tinggal diluar kota. Oleh karena itu, dengan adanya sistem PMB online ini dapat
meringankan calon Mahasiswa Baru yang tinggal diluar kota sehingga tidak harus
datang ke kampus untuk melakukan pendaftaran, melainkan cukup melakukan
pendaftaran secara online.
2.3
User
Classes and Characteristics
Tugas |
Hak Akses ke aplikasi |
|
·
Nova Istiqomah ·
Herlin Agustina ·
Restika Waya ·
Silvia Ranti |
Pengembang Rancangan Sistem PMB |
Admin |
Pemakai
Sistem PMB Online |
Menggunakan
sistem PMB Online dengan melakukan pendaftaran dan ujian seleksi |
User |
2.4 Operating Environment
Perangkat lunak yang dibutuhkan adalah :
• Sistem
operasi : Microsoft windows 7,8,10.
• DBMS :
MySQL, PHP MyAdmin
• PHP, Java, dll
• Open Office
2.5
Design
and Implementation Constraints
Sistem PMB ini
dikembangkan menjadi suatu sistem dengan teknologi WEBSITE Online, data inputan
pendaftaran berupa Email, Password, Nama, Tempat Tanggal Lahir, No Ijazah, Alamat.
Setelah melakukan pendaftaran calon Mahasiswa Baru akan mendapatkan kartu ujian
dimana disitu terdapat No Test untuk dijadikan kode agar dapat mengikuti ujian
seleksi. Apabila calon Mahasiswa Baru tidak mendaftarkan diri atau tidak benar
dalam pengisian pendaftarannya maka ia tidak akan bisa mendapatkan kartu ujian
dan tidak bisa mengikuti ujian seleksi secara online.
3.
External
Interface Requirements
3.1
User
Interfaces
Sistem menerima
masukan dari pemakai melalui perintah yang diketikkan melalui keyboard dan
mouse. Keluaran dari perangkat lunak dapat dilihat oleh pemakai User dalam
tampilan yang dapat dilihat di monitor komputer secara langsung.
3.2
Hardware
Interfaces
• PC
• Keyboard
• Mouse
• Selebihnya,
aplikasi ini tidak membutuhkan antarmuka perangkat keras yang spesifik.
3.3
Software
Interfaces
Antarmuka halaman tampilan / layanan web
Didalam tampilan antarmuka
terdapat header yang berisi logo dan menu link button. Didalam bodynya terdapat
slider gambar seputar kampus dan informasi-informasi seputar kampus.
Antarmuka Membuat
Akun
Antarmuka Pendaftaran
Antarmuka Login
Didalam antarmuka pendaftaran terdapat header logo dan
menu link button. Di dalam bodynya terdapat form yang harus diisi oleh
pendaftar dan dua button yaitu daftar dan batal. Apabila pendaftar sudah
selesai mengisi form dan mengklik button daftar maka data pendaftar akan
disimpan ke database server dan akan muncul kotak dialog seperti gambar diatas
yaitu berisi tentang informasi perintah cetak/download kartu test dan dua
button cetak dan download.
Antarmuka Ujian Seleksi
Data pendaftar
diambil dari method login dengan masukan nomor username
dan password yang akan menghasilkan keluaran true dan false. Bila sesuai, maka
tampil ke halaman ujian.
Didalam halaman ujian terdapat
header logo dan menu link button. Di dalam bodynya terdapat no test dan nama,
soal ujian yang harus diisi, serta dua botton selesai dan batal.
Antarmuka
Pengumuman/informasi Hasil Ujian Seleksi
Didalam antarmuka pendaftaran
terdapat header logo dan menu link button. Didalam bodynya terdapat table untuk
menampilkan data pendaftar yang lolos ujian beserta prodi yang sudah ditetapkan
berdasarkan hasil nilai ujian.
3.4
Communications
Interfaces
Yang dibutuhkan
adalah sebuah komputer server dan komputer client atau smartphone (user) yang
terhubung secara client-server dalam
jaringan internet berbasis protokol transmission control protocol/Internet
Protocol (TCP/IP).
4.
System
Features
4.1
System
Feature 1
4.1.1 Functional
Requirements
SRS-Id |
Description |
[SKPL-FSIPPNL.K-0001]. |
Menginput data |
[SKPL -FSIPPNL.K-0002]. |
Login |
[SKPL -FSIPPNL.K-0003]. |
Menampilkan Informasi |
[SKPL-FSIPPNL.K-0005]. |
Menampilkan
laporan |
5.
Other
Nonfunctional Requirements
5.1 Performance Requirements
Untuk
meningkatkan kinerja sistem ini dibutuhkan criteria spesifikasi ukuran kuantitatif yang harus dipenuhi oleh perangkat lunak. Sistem ini diharapkan dapat membutuhkan waktu yang sedikit dalam menyelesaikan setiap tahapan
proses. Semakin sedikit waktu yang dibutuhkan, semakin besar
throughput (kecepatan transfer antara server ke client) yang dapat dihasilkan.
Meningkatnya kecepatan ini diharapkan dapat terjadi di setiap tahapan proses.
5.2
Safety
Requirements
Adanya
pemeliharaan dan pengecekan berkala yang akan dilakukan terhadap program yang
berjalan ataupun pengecekan baik terhadap perangkat lunak itu sendiri ataupun
hardware yang digunakan. Untuk pemeliharaan tiap harinya, sistem ini dilengkapi
antivirus sehingga.
5.3
Security
Requirements
Untuk
melindungi perangkat lunak dari akses, penggunaan, pengubahan, penghancuran yang tidak disengaja atau yang merusak. Kebutuhan yang spesifik seperti pembatasan komunikasi terhadap suatu area tertentu
dalam program, adanya back up data, dan penyimpanan data history.
6.
Other
Requirements
6.1 Database
Database yang
terdapat dalam sistem informasi pendaftaran siswa baru di Universitas Teknokrat Indonesia ini terdiri dari:
1. informasi detail mengenai pengisian formulir pendaftaran mahasiswa baru di Universitas Teknokrat Indonesia secara online.
2. Jumlah Dosen yang bekerja di Universitas Teknokrat Indonesia
3. Waktu aktif sistem
6.2 Pengoperasian
Perangkat lunak
ini dapat dijalankan di PC atau laptop manapun yang terhubung dengan Internet.
6.3 Penyesuaian Tempat
Penggunaan
database menggunakan MySQL untuk menyimpan datadata baik data dosen, data mahasiswa, data calon mahasiswa yang mendaftarkan diri, data mahasiswa baru yang diterima dan masih banyak lagi data yang
lainnya. Semua data tersebut diletakkan pada hardware masing-masing
setiap bagian tugasnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar